Cara Membedakan Catridge Printer Asli atau Palsu

Posted by Tips Blog Buzz on 04 Maret 2012

Cara Membedakan Catridge Printer Asli atau Palsu

Halo sobat Terpopuler, kali ini kami akan membahas tentang Cara Membedakan Catridge Printer Asli atau Palsu, silahkan disimak ya artikel tentang Cara Membedakan Catridge Printer Asli atau Palsu.
Cara Membedakan Catridge Printer Asli atau Palsu - Membedakan Catridge Printer Asli atau Palsu Hampir setiap orang usia produktif sekarang ini memiliki Printer atau mesin pencetak, hal itu karena sekarang ini urusan cetak mencetak menjadi sesuatu yang amat penting. Nah, satu hal yang tidak boleh terlupakan dalam hal cetak mencetak selain adanya printer juga dibutuhkan adanya Tinta atau Catridge dalam sebuah Printer.

Dalam memilih Catridge, banyak orang cenderung memilih harga murah meski kualitasnya tidak maksimal. Namun, menurut saya sebaiknya jangan mudah tergiur dengan harga barang yang lebih murah, belum tentu barang tersebut akan awet dan kualitasnya bagus. Sebaiknya dalam memilih dan membeli cartridge printer kita mesti teliti dan hati รข€" hati, pilihlah yang original.

Berikut beberapa tanda atau ciri catridge original yang harus anda kenali sebelum membeli Catridge Printer:

1. Dealer resmi

Hindari membeli alat perangkat printer di toko-toko yang tidak resmi. Terkadang harga yang diberikan jauh lebih rendah dari yang dealer resmi berikan. Tapi setidaknya anda mendapat jaminan keaslian.

2. Perhatikan kemasan

Saat ini tidak sedikit perusahaan nakal yang meniru produk asli dengan membuat kemasan yang hampir mirip. Teliti dengan cermat pada kotak pembungkusnya. Biasanya terdapat celah yang dapat menunjukkan kalau produk tersebut rakitan.

3. Kualitas hasil print

Umumnya, jika menggunakan kartrid palsu, hasil warna tidak secerah yang asli. Selain itu, daya tahannya pun hampir bisa dipastikan tidak tahan lama. Kartrid palsu banyak beredar di pasaran dan memiliki bentuk yang sangat mirip dengan aslinya. Umumnya, harga yang ditawarkan pun jauh lebih rendah dari aslinya.

Printer mudah rusak, boros tinta, hasil cetakan kurang cerah dan seringnya toner bocor adalah ciri umum jika anda menggunakan produk palsu.

Tips Khusus untuk Pengguna Catridge merk HP

Pembeli cartridge printer Hewlett-Packard (HP) kini semakin dimudahkan untuk membedakan cartridge HP asli dengan yang palsu hanya dari kemasannya. Dalam empat tahun terakhir, tim anti pemalsuan yang dibentuk HP menemukan 20 juta cartridge palsu beredar di pasar. 

Ironisnya, banyak pembeli yang tidak menyadari bahwa cartridge yang dibelinya bukan asli produksi HP maupun produk daur ulang. Dijelaskan oleh Karine Tan, dari Supplies & Product HP, kini ada dua tanda / ciri untuk mengenali apakah cartridge yang Anda beli asli atau palsu. 

- Pertama


Cartridge asli dilengkapi kode dengan teknologi QR. Akan ada tulisan 'OK' dan 'v' (tanda centang) yang tampak apabila Anda menggoyangkan kemasan ke kiri-kanan atau depan-belakang dan sebaliknya. 

- Kedua


- Cartridge yang asli dilengkapi dengan nomor serial tertentu. Nomor kode ini juga bisa diverifikasi di alamat URL yang tertera di kemasan. Seperti ini contohnya.



Cek Originalitas Catridge
Selain itu Anda juga bisa mengecek keasliannya melalui barcode yang terdapat di kemasan Bagi pengguna Blackberry Messenger (BBM) kode ini sangat mudah dikenali karena mirip dengan barcode BBM. 

"Setiap barcode hanya dimiliki satu cartridge, jadi yang ditolak pasti palsu," jelas Tan saat mendemokannya. 

Kualitas tinta yang menggunakan cartridge yang asli memiliki kelebihan di antaranya warna tinta lebih menonjol, tidak bleber jika terkena air dan lebih ekonomis untuk penggunaanya. 

Cara Membedakan Catridge Printer Asli atau Palsu
Sumber : http://www.wahyu-winoto.com/2012/03/membedakan-catridge-printer-asli-atau.html

{ 1 comments... read them below or add one }

Melted mengatakan...

barcode emang ga bisa diakalin ya

Poskan Komentar