Prediksi Dan Jadwal Pertandingan Portugal vs Spanyol (SEMIFINAL 28 JUNI 2012)

Posted by Tips Blog Buzz on 26 Juni 2012

Prediksi Dan Jadwal Pertandingan Portugal vs Spanyol (SEMIFINAL 28 JUNI 2012)

PREDIKSI BOLA - Prediksi Portugal vs Spanyol. Satu semifinal  Euro 2012 akan diisi oleh duel pemain-pemain berkualitas teknik natural terbaik di Eropa. Derbi Iberia antara Portugal dan Spanyol mentas di Arena Donbass, Donetsk, Rabu (27/6).
  
Kedua negara ini dikenal sebagai produsen pemain dengan skill natural terbaik di Eropa. Portugal sudah lama diidentikan sebagai Brasilnya Eropa. Kehebatan Portugal dalam menelurkan pemain-pemain muda brilian bisa dilihat dari rekor keren mereka di turnamen level junior.

Di Piala Dunia U-20, Portugal menjadi juara 1989 dan 1991. Setelah itu mereka juga finis di peringkat ketiga 1995 dan terakhir menjadi runner-up edisi 2011 pada Agustus tahun lalu. Penyerang Nelson Oliveira, yang meraih Silver Ball Piala Dunia Junior 2011, kini memperkuat tim senior di Polandia-Ukraina.

Selain di Piala Dunia Junior, Portugal juga sukses di turnamen level junior Eropa. Mereka finis sebagai runner-up Piala Eropa U-19 2003 dan menjadi kampiun Piala Eropa U-17 2003.

Sementara itu, Spanyol juga terus melahirkan generasi baru pemain bagus, terutama dengan naik daunnya para jebolan Barcelona dan Real Madrid akhir-akhir ini. Seperti Portugal, Spanyol pun sukses di turnamen internasional level junior.

La Rojita (Si Merah Kecil) tercatat pernah menjuarai Olimpiade 1992, Piala Eropa U-21 2011. Piala Dunia U-20 1999, Piala Eropa U-19 2011, dan Piala Eropa U-17 2007 serta 2008. Salah satu anggota skuad Euro U-21 2011 yang terpilih masuk ke Team of the Tournament, Juan Mata, kini memperkuat La Furia Roja di Euro 2012.

Dengan latar belakang seperti itu, nantikan derbi Iberia di semifinal akan menyajikan duel seru yang dipenuhi pameran kualitas teknik individu pemain. Asal kedua tim tidak tampil terlalu berhati-hati, laga ini punya potensi menjadi partai terbaik di Euro 2012.

Yang menarik dalam perjalanannya, menuju semifinal, kedua tim ini memperlihatkan kemiripan. Pencapaian mereka tidak tergantung pada sosok penyeranh sebagai sumber gol, melainkan pada pemain-pemain lini kedua. Bisa dibilang Portugal dan Spanyol sama-sama menyajikan taktik tanpa striker.

Portugal memulai perjalanan dengan kekalahan 0-1 dari Jerman. Kemudian mereka memukul Denmark 3-2. Saat itu, aish ada penyerang yang memberikan kontribusi gol, yaitu Helder Postiga. Dua gol lainnya dicetak bek Pepe dan pemain sayap Silvestre Varela.

Pada laga penentuan di Grup B, Portugal menghajar Belanda 2-1. Saat itulah fakta bahwa kunci permainan Seleccao ada di lini kedua tekonfirmasi. Bintang terbaik tim asuhan Paulo Bento, winger Cristiano Ronaldo, memborong dua gol. CR7 menemukan performa terbaiknya di saat yang tepat setelah tampil buruk di dua partai pertama.

Pada perempat final, lagi-lagi kemenangan Portugal atas Republik Ceska ditentulan oleh Ronaldo. Pencetak 60 gol bagi Real Madrid sepanjang musim 2011/12 ini membuat gol tunggal timnya.

Portugal tidak malu mengakui mereka tergantung pada CR7. "Dia pemain dari dunia lain. Untuknya, menjadi yang terbaik di dunia ini berarti kecil. Dia luar biasa. Dia melebihi performanya sendiri di setiap pertandingan," begitu pujian dari Pepe seperti dikutip RTP.

Di semifinal, Postiga akan absen karena cedera. Dengan kondisi seperti itu, Ronaldo dan pemain-pemain lain di lini kedua Portugal boleh jadi akan memegang peranan yang semakin penting.   

Rabu besok, Ronaldo akan menantang pemain-pemain yang sudah mengenalnya lewat sepak terjang di La Liga. "Kami memahami Cristiano dengan sempurna. Kami tidak terkejut dengan level permainan yang ditunjukannya karena dia sudah bermain seperti itu sepanjang tahun," kata rekan Ronaldo di Real Madrid yang juga baru menjadi pahlawan Spanyol di perempat final, Xabi Alonsi, kepada situs Telecinco.

Xabi Alonso memborong semua gol saat Spanyol mengalahkan Prancis 2-0, Sabtu (23/6). Munculnya sang gelandang sebagai penentu mempertegas kondisi La Furia Roja, yang tampaknya lebih nyaman bermain tanpa seorang penyerang. Taktik tanpa striker Spanyol lebih terang-terangan daripada Portugal. Di partai pertama melawan Italia, pelatih Vicente del Bosque menurunkan Cesc Fabregas sebagai pemai "nomor 9 palsu". Pada laga kedua, striker Fernandi Torres masuk starting XI dan mencetak dua gol ketika Spanyol menang 4-0. Tapi, Tim Matador saat itu menghadapi kontestan terlemah, Irlandia. Melawan Kroasia yang lebih kuat daripada Irlandia. Torres yang kembali dijadikan starter tampil mengecewakan. Gol kemenangan 1-0 dibuat winger Jesus Navas.

Kondisi itu membuat Del Bosque kembali ke Fabregas sebagai fase no. 9 saat menghadapi Prancis. "Saya memercayai Fabregas. Kami memiliki tiga penyerang yang sangat andal, tapi saya melihat Cesc dalam performa bagus untuk menjadi starter," ucap Del Bosque.

Alonso menyebut timnya harus memberikan penampilan di level terbaik untuk bisa mengatasi Portugal. Spanyol mengakui Seleccao sebagai lawan yang berbahaya, sama seperti Italia dan Prancis. Situasi ini membuat prospek La Furia Roja kembali bermain tanpa striker menjadi cukup besar.

Menurut Del Bosque ketiadaan striker tidak akan menjadi masalah selama pertahanan Spanyol bagus. Dengan kemenangan 2-0 atas Prancis, Ls Furia Roja meraih hasil cleasn sheet ke-11 dalam 14 partai terakhir di turnamen besar. "Jika pertahanan bagus, kami akan semakin dekat dengan titel juara karena dengan pemain yang ada, kami cepat atau lambat akan membuat peluang," sebutnya.

Dengan statusnya sebagai juara bertahan dan tim terbaik dunia (berdasarkan peringkat terbaru FIFA per 6 Juni), Spanyol jelas pantas dijadikan unggulan. Dalam pertemuan terakhir kedua tim di turnamen resmi, Tim Matador sukses mengalahkan Portugal 1-0 di babak 16 besar Piala Dunia 2010.

Tapi, sekitar lima bulan setelah kekalahan 0-1 di Cape Town (Afrika Selatan) itu, Seleccao membalas dengan tidak tanggung-tanggung. Mereka menghajar Spanyol empat gol tanpa balas di Lisabon!

Ajangnya memang hanya pertandingan uji coba, tapi hasil itu setidaknya bisa membangkitkan kepercayaan diri para pilar Seleccao bahwa di hadapan mereka Spanyol bukanlah tim yang tidak terkalahkan.

Dari kemungkinan pemain yang akan masuk starting XI Portugal, hanya Miguel Veloso dan Fabio Coentrao yang tidak tampil dalam kemenangan 4-0 itu.

Dalam skala yang lain, perasaan para pemain bakal sama seperti Coentrao, Pepe, dan Ronaldo, yang musim ini sukses memutus inferioritas Madrid dari Barcelona di La Liga. Dengan pemain-pemain Barcelona masih menjadi tulang punggung Spanyol, bayangkan level keyakinan yang akan dibawa oleh Ronaldo dkk.

Spanyol harus ekstra hati-hati. Apalagi Del Bosque mengungkapkan timnya mungkin menghadapi kendala yang bisa menentukan. Semifinal ini berlangsung enam hari setelah partai Portugal vs Ceska, tapi hanya empat hari setelah laga Spanyol kontra Prancis.

"Kami memiliki waktu istirahat dua hari sedikit daripada mereka. Hal itu memang sebuah handicap kecil, tapi sata memikirkan problem ini. Kami akan tiba di semifinal dengan kondisi fisik terkuras karena panasnya cuaca saat menghadapi Prancis sangat kejam bagi para pemain," ucapnya.
   
Head to head Portugal vs Spanyol:
18 Nov 2010 (PUC) Portugal 4 - 0 Spanyol
30 Jun 2010 (PUC) Spanyol 1 - 0 Portugal 

Lima pertandingan terkahir Portugal:
22 Jun 2012 (PPE) Republik Ceko 0 - 1 Portugal 
18 Jun 2012 (PPE) Portugal 2 - 1 Belanda 
13 Jun 2012 (PPE) Denmark 2 - 3 Portugal 
10 Jun 2012 (PPE) Jerman 1 - 0 Portugal 
03 Jun 2012 (PUC) Portugal 1 - 3 Turki  

Lima pertandingan terakhir Spanyol:
24 Jun 2012 (PPE) Spanyol 2 - 0 Prancis
19 Jun 2012 (PPE) Kroasia 0 - 1 Spanyol 
15 Jun 2012 (PPE) Spanyol 4 - 0 Irlandia 
10 Jun 2012 (PPE) Spanyol 1 - 1 Italia 
04 Jun 2012 (PPE) Spanyol 1 - 0 Cina 

Prediksi susunan pemain Portugal vs Spanyol:

Portugal (4-3-3): 12-Rui Patricio, 5-Fabio Coentrao, 2-Bruno Alves,3-Pepe, 21-Joao Pereira, 16-Raul Meireles, 4-Miguel Veloso, 8-Joao Moutinho,  17-Nani, 7-Ronaldo, 9-Almeida
   
Spanyol (4-3-3): 1-Casillas, 17-Arbeola, 15-Sergio Ramos,  3-Pique, 18-Jordi Alba,  14-Xabi Alonso, 16-Busquets, 8-Xavi, 21-Silva, 10-Fabregas, 6-Iniesta.

Prediksi skor pertandingan Portugal vs Spanyol by Bolagoalnet: Portugal kemungkinan akan bermain imbang melawan Spanyol dengan skor ... Portugal 2 - 2 Spanyol. Pertandingan Portugal vs Spanyol disiarkan LIVE di RCTI pada tanggal 28 Juni 2012, pukul 01.45 WIB.

 

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar