Alquran Dibakar? Syukur!

Posted by GokilSite on 18 September 2010

Read more: Alquran Dibakar? Syukur! - blogernas http://www.blogernas.co.cc/2010/09/alquran-dibakar-syukur.html#ixzz0zzpQf52E

Memang aneh.
Disaat jutaan umat Islam merasa terbakar dan marah atas aksi pembakaran Alquran oleh 2 orang pendeta di Amerika, malah ia dengan santai menyatakan bersyukur. Saya sendiri jadi penasaran. Karena itu saya langsung mewancarainya:

Saya:
Apa anda tidak takut dikecam oleh jutaan umat Islam dengan pernyataan anda?


Blogger sesat:
Tidak.

Saya:
Kenapa anda begitu yakin?

Blogger sesat:
Saya kan punya alasan.

Saya:
Oya, kalau boleh tahu apa alasan anda menyatakan begitu?

Blogger sesat:
Supaya umat Islam tidak menyembah Alquran.

Saya:
Waduh … maaf. Terus terang saya kaget mendengar pernyataan anda. Saya malah tambah bingung. Bisa anda jelaskan?

Blogger sesat:
Yang wajib disembah umat Islam itu hanya Tuhan. Bukan Nabi Muhammad. Bukan Agama dan juga bukan Alquran. Apalagi para ulama, kiay, ustad, tradisi beragama dan seterusnya. 

Saya:
Lalu dimana letaknya umat Islam menyembah Alquran?

Blogger sesat:
Banyak umat Islam menjadikan Alquran itu hanya sebagai berhala. 

Saya:
Waduh… maaf lagi. Ucapan anda mengagetkan saya. Maksudnya apa ya?

Blogger sesat:
Ya Alquran hanya dibaca, ditarok di atas lemari bahkan ada yang meletakkannya di loteng. Alasannya karena Alquran itu suci. Padahal yang suci itu hanya Tuhan. Jadi tinggi letaknya tidak boleh dikalahkan oleh yang lain. Kalau begitu kenapa tidak ditarok di atap rumah saja. Atau di atas antena TV. 

Terus Alquran sudah dijadikan bahan perlombaan, seperti kontes. Itu lomba MTQ dimana nilai penghayatannya. Semua peserta sibuk latihan menyanyikan ayat-ayatnya. Hanya untuk meraih juara. Tapi lihat kehidupan mereka sehari-hari. Apakah mereka sudah mengamalkan isinya?

Saya:
(terdiam …)

Blogger sesat:
Terus Alquran juga dijadikan jimat untuk banyak hal. Apa mereka lupa bahwa yang mengabulkan segala permintaan mereka hanyalah Tuhan? Dan Alquran itu hanya sebuah kertas yang dicetak. Tidak bisa memberikan apa-apa ….

Saya:
Lho! Itukan firman Tuhan?

Blogger sesat:
Betul. Tapi firman itu bukan huruf zahir dari Alquran. Tapi adalah maknanya. Dan maknanya itu juga tidak ada artinya walaupun anda hafal. Firman itu ayat yang hidup. Anda kan ingat kata Aisyah. Kalau ingin tahu akhlak Rasulullah ya pahamilah makna Alquran. Artinya apa? Ayat alquran yang berupa huruf mati itu hidup dalam diri Rasulullah. Hidup dalam segala tingkah lakunya. Hidup dalam hatinya. Dalam segala sikap bathinnya. Dalam imannya.

Saya:
Hm … begitu ya. Jadi anda tidak marah Alquran dibakar umat lain?

Blogger sesat:
Untuk apa saya marah. Yang dibakar mereka itu kan kertas. Bukan firman Tuhan. Bukan keyakinan Islam. Bukan keyakinan siapa-siapa. Apakah keyakinan anda berubah setelah mereka membakar Alquran?

Saya:
Ya tidak. Tapi kita sebagai umat Islam kan jadi tersinggung. Jadi dilecehkan. Bukankah kita harus membela kehormatan Islam?

Blogger sesat:
Anda berteriak-teriak. Mengutuk melalui tulisan. Demo kemana-mana. Membakar gedung-gedung, dan sebagainya. Semua itu anda anggap pernyataan iman. Membela kehormatan Islam. Bagi saya itu bohong. Anda hanya membela nafsu amarah anda. Anda justru sedang bersekutu dengan setan. Anda sedang tergelincir. 

Iman anda sudah terbang berganti dengan kesurupan.

Kalau anda membela kehormatan Islam, hidupkan keyakinan Islam itu dalam diri anda. Lalu amalkan dalam segala sikap bathin dan prilaku anda. Kemudian ajak orang lain melakukan hal yang sama. Maka barulah Islam itu benar-benar tegak dalam kehidupan. 

Saya:
Artinya anda ingin mengatakan bahwa tidak masalah Alquran dibakar orang lain?

Blogger sesat:
Berapapun mereka mau membakar Alquran kita juga tidak bisa mencegahnya. Dan itu juga percuma. Dan sebaliknya kita pun juga bisa mencetaknya kembali berapa pun kita mau. Tapi kalau iman anda yang dibakarnya, siapa yang bisa menggantinya? Atau kalau iman anda kuat, siapa yang bisa membakarnya?

Saya:
Hmm …. Begitu ya. 
Oya! Anda kan seorang blogger. Adakah hubungan antara iman dengan blogging?

Blogger sesat:
Kenapa cuma blogging. Seluruh aspek kehidupan ada hubungannya dengan iman Islam. Anda kan juga blogger. Bagaimana cara anda berinteraksi dengan pengunjung? Apa yang anda tulis pada blog anda? Bagaimana sikap dan sosok yang anda tampilkan lewat tulisan anda? Apakah anda merasa hebat, sok terhormat, sok rendah hati, sok suci atau anda munafik? 

Semua itu kan penubuhan nilai-nilai Islam dalam sikap bathin dan prilaku anda. Anda mengaku tidak butuh pengunjung, tidak peduli apa ada yang membaca tulisan anda atau tidak, tidak butuh ranking alexa, tidak butuh google PR, tidak iri dengan presatsi blog lain. Tapi dalam hati anda bagaimana? Apa betul seperti yang anda katakan?

Saya:
(tertidur ….)


Akbar 18 Sep, 2010


--
Source: http://kacbook.blogspot.com/2010/09/alquran-dibakar-syukur.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar