Kelompok Wartawan Kristen Kecam Rencana Pembakaran Alquran

Posted by GokilSite on 09 September 2010

Liputan6.com, Jakarta: Lembaga Wartawan Kristen (Lemwaka) mengecam rencana pembakaran Alquran di Amerika Serikat, atas dasar kepedulian antarumat beragama. "Aksi ini adalah keprihatinan kami atas rencana pembakaran Alquran di AS pada 11 September yang direncanakan oleh pendeta Terry Jones dari Gereja Gainesville, Florida, AS," kata Bendahara Lemwaka Binsar Sirait di Jakarta, Rabu (8/9).
Binsar mengatakan, pembakaran kitab suci patut dihindari karena dapat memecah kesatuan umat beragama di dunia. Selain Lemwaka, banyak umat beragama lain yang juga mengecam hal tersebut.
Menurut Binsar, hari pembakaran Alquran yang berdekatan dengan Idulfitri dikhawatirkan menimbulkan masalah baru seperti pada peristiwa kartun Nabi Muhammad SAW. Selain itu, dapat memberikan kesan negatif bagi persahabatan Indonesia-AS.
Lemwaka berharap semua pihak dapat menjaga kerukunan antarumat beragama di Tanah Air. "Kami juga sudah mengikuti pertemuan dengan Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Perwakilan Umat Buddha di Indonesia (WALUBI), Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama (NU) mengenai rencana pembakaran itu dan kami juga ingin ikut andil untuk langsung meminta kepada Kedutaan Besar AS dengan harapan mendapat perhatian lebih dari mereka," ujar Binsar.
Sebelumnya, PGI dan KWI telah menyumbangkan sekitar 500 Alquran bagi para tahanan Warga Negara Indonesia di penjara Australia. Hal itu dilakukan sebagai rasa solidaritas umat beragama yang menentang rencana hari pembakaran Alquran di AS.
Menurut Ketua Bidang Kerukunan Antarumat Beragama Majelis Ulama Indonesia Slamet Effendy Yusuf, rencana pembakaran Alquran sedunia tak mencerminkan niat mayoritas umat Kristen. Namun, merupakan niat dari kelompok kecil masyarakat di AS saja.(ULF/Ant)

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar