GUGATAN KAMPUS INDONESIA PUTUSAN MA SUSU FORMULA BERBAKTERI Pengumuman Daftar Merek Susu Mengandung Bakteri Enterobacteri Sakazakii Ditentang Akademisi

Posted by GokilSite on 06 Juni 2011

. Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung akhirnya bergabung dengan 4 kampus lainnya untuk menggugat putusan Mahkamah Agung (MA) terkait kasus susu formula berbakteri. Diwakili oleh Rektor Ganjar Kurnia, Unpad meminta perintah MA untuk mengumumkan nama-nama merek susu formula berbakteri Enterobacteri Sakazakii dibatalkan. Lihat Pengumuman Daftar Susu Formula Mengandung Bakteri Sakazakii Menkes BPOM IPB Susu Formula di BBM dan  Daftar Merek Susu Formula Aman BPOM 2011 Tidak Mengandung Bakteri Enterobacter Sakazakii.

"Oleh karena itu, kami memohon Ketua PN Jakarta Pusat menyatakan kasasi MA Nomor 2975 K/PDT/2009 tidak berkekuatan hukum tetap dan tidak dapat dilaksanakan," kata kuasa hukum Unpad, Soejono, dalam memori perlawanan yang ditujukan ke PN Jakpus.

Menurut Soejono, berdasarkan kode etik penelitian yang berlaku umum, seorang peneliti tidak dapat memublikasikan nama-nama dan jenis produk yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian yang menggunakan metode sampel acak serta bukan merupakan pengujian produk tertentu. Alasan itu untuk menjamin obyektifitas hasil penelitian dan independensi peneliti.

Selain itu, kerahasiaan sampel penelitian ini adalah tujuan langsung dari penelitian. "Karena apabila tidak dirahasiakan, tentunya dapat menimbulkan kerugian pihak lain," terang Soejono.

"Dengan memerintahkan menyebutkan nama-nama merek susu, maka sebuah perbuatan melawan mukum," ujarnya.

Seperti diketahui, polemik ini bermula ketika ketika para peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan adanya kontaminasi Enterobacter Sakazakii sebesar 22,73 persen dari 22 sampel susu formula yang beredar tahun 2003 hingga 2006. Hasil riset itu dilansir Februari 2008. Namun, IPB tidak bersedia menyebutkan merek susu yang dimaksud. Oleh MA, IPB diperintahkan untuk membuka nama merek susu tersebut.

Atas putusan ini, kampus Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Hasanudin dan Universitas Indonesia menggugat dan memohon hakim supaya putusan tidak bisa dieksekusi. Lantas Unpad pun bergabung. Atas gugatan 5 perguruan tinggi ini, pemenang perkara, David Tobing tidak gentar.

"Akan saya hadapi di pengadilan," ungkap David. detik.com

Gugatan Indonesia Kampus Putusan MA, Alasan Kampus Indonesia Menentang MA, Putusan Mahkamah Agung Susu Formula Berbakteri, Pengumuman Daftar Merek Susu Mengandung Bakteri, List Susu Formula Berbakteri Enterobacteri Sakazakii, Apa Itu Enterobacteri Sakazakii, Pengumuman Menkes Susu Formula Berbakteri Sakazai, Akademisi Menolak Pengumuman Daftar Susu Bakteri Sakazakii

Baca Artikel Unik Aneh Ajaib BEST SEO Lainnya:

Posted byBest SEOat12:31  

Labels:Enterobacteri Sakazakii,Kesehatan,Susu Berbakteri

0Komentar Sahabat SEO: Poskan Komentar

Poskan Komentar

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar