Insiden GP F1 Kanada Jenson Button Tak Mendapat Hukuman

Posted by GokilSite on 14 Juni 2011

Insiden GP F1 Kanada Jenson Button Tak Mendapat Hukuman. Pebalap McLaren, Jenson Button, tidak akan mendapat hukuman menyusul insiden senggolannya dengan Fernando Alonso dan Lewis Hamilton pada balapan Formula 1 di Kanada, Minggu (12/6/11). Hasil investigasi menunjukkan, pebalap asal Inggris tersebut, yang memenangi balapan penuh drama itu, tidak bersalah.

Button dan Alonso melakukan kontak pada lap ke-38, dan steward kemudian mengumumkan bahwa mereka akan menyelidiki insiden tersebut setelah balapan. Tetapi setelah melihat ulang tayangan video dan mendengarkan penjelasan dari kedua pebalap serta wakil tim, dinyatakan bahwa peristiwa itu "insiden balapan".

"Mobil 5 (Alonso) berada di luar lap ketika pit. Mobil 4 (Button) tampak berada di dalam garis menjelang masuk tikungan dan melaju ke tepi jalan untuk menghindari Mobil 5 yang berada di luar.

"Mengingat kondisi dan laporan dari kedua pebalap dan perwakilan tim mereka, steward memutuskan bahwa ini adalah sebuah 'insiden balapan' dan menyatakan bahwa tidak ada tindakan lebih lanjut," demikian bunyi pernyataan.

Tak hanya itu. Button juga dinyatakan bersih setelah tabrakan dengan rekan setimnya, Lewis Hamilton, di lap ketujuh.

"Para steward telah melihat ulang insiden yang melibatkan Mobil 3 (Hamilton) dan Mobil 4 (Button) pada lap ketujuh balapan itu. Para steward melihat lagi jalur beberapa mobil, termasuk dua mobil yang terlibat ini, menggunakan berbagai sudut video yang menjadi bukti selama beberapa lap, jejak kecepatan kedua pebalap, data GPS dari mobil, dan telah mendengar penjelasan para pebalap dan perwakilan tim," bunyi pernyataan tambahan.

"Para steward menyimpulkan bahwa:

"1) Keluar dari Tikungan 13 ada kesempatan menyalip yang sah bagi Lewis Hamilton karena kecepatannya lebih tinggi dari Jenson Button.

"2) Kedua pebalap secara substansi mengambil jalur yang sama dengan kebanyakan pebalap lain, dan tidak bergerak terlalu jauh ke kiri seperti pebalap sebelumnya, Michael Schumacher. Pada saat setelah Hamilton bergerak ke kiri untuk melewatinya, Button melihat kaca spionnya. Tampaknya dari posisi Hamilton pada saat itu (dan dikonfirmasi oleh pebalap) bahwa Button tak mungkin telah melihat Hamilton.

"3) Pada saat terjadi kontak, Button belum bergerak jauh ke kiri dari trek, seperti yang dilakukan pada lap sebelumnya, atau yang Schumacher lakukan pada lap itu.

"Para steward telah menyimpulkan bahwa itu wajar bagi Hamilton untuk yakin bahwa Button akan melihat dia, dan bahwa ia bisa membuat manuver untuk melewatinya. Lebih lanjut, steward telah menyimpulkan bahwa masuk akal untuk yakin bahwa Button tidak menyadari posisi Hamilton di sebelah kiri.

"Oleh karena itu, steward memutuskan bahwa ini adalah sebuah 'insiden balapan' dan tidak mengambil tindakan lebih lanjut.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar