MotoGP Inggris 12 Juni 2011, Juara Stoner ke Puncak Klasemen

Posted by GokilSite on 13 Juni 2011

MotoGP Inggris 12 Juni 2011, Juara Stoner ke Puncak Klasemen. Casey Stoner menyempurnakan dominasinya di MotoGP Inggris. Dia sukses mengatasi Sirkuit Silverstone yang basah, licin, dan memakan sejumlah korban. Puncak klasemen pun jadi hadiah atas pencapaiannya tersebut.

Stoner memenangi balapan MotoGP Inggris yang dihelat pada Minggu (12/6/2011) malam WIB. Andalan Repsol Honda ini unggul cukup jauh atas Andrea Dovizioso dan Colin Edwards yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

Hujan yang mengguyur Sirkuit Silverstone membuat lintasan menjadi sangat licin. Para pembalap pun harus ekstra hati-hati agar tidak terjatuh.

Meski demikian, tetap ada sejumlah pembalap yang jadi korban. Dua pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Ben Spies, tergelincir dalam waktu berdekatan. Marco Simoncelli pun harus gigit jari karena ikut jadi korban licinnya Silverstone.

Dengan kemenangan ini, Stoner sukses mengambil alih pimpinan klasemen pembalap dari tangan Lorenzo. Rider asal Australia ini mengoleksi 116 poin dari enam seri. Dia unggul 18 poin atas Lorenzo.

Dovizioso dan Valentino Rossi ada di posisi ketiga dan keempat. Mereka masing-masing mengumpulkan 83 dan 68 poin.

Jalannya balapan

Lorenzo langsung melesat pada awal balapan. Dia disusul Dovizioso dan Stoner. Simoncelli melorot ke posisi keempat.

Pergantian posisi pemimpin balapan terjadi beberapa saat kemudian. Dovizioso menyalip pembalap Yamaha itu dan melesat ke depan.

Pada lap keempat, giliran Stoner yang menyalip Dovizioso. Di belakangnya menyusul Lorenzo, Simoncelli, Spies, Edwards, dan Hayden.

Hingga lap ketujuh, Stoner masih memimpin di depan. Dia tercatat unggul 2,9 detik atas Dovizioso. Lorenzo sendiri tampak berjuang keras untuk menggeser posisi Dovi.

Satu lap berikutnya, lintasan yang licin akibat hujan mulai memakan korban. Spies jadi pembalap pertama yang tergelincir, disusul Hector Barbera dan Lorenzo. Duo Yamaha tak bisa melanjutkan balapan, sedangkan Barbera masih bisa kembali ke trek.

Di mana Valentino Rossi? The Doctor ada di posisi ketujuh, tertinggal cukup jauh dari pemimpin balapan.

Simoncelli menggusur Dovizioso dari posisi kedua. Tapi, hal ini tak berlangsung lama karena beberapa saat kemudian pembalap kribo ini juga jadi korban licinnya Sirkuit Silverstone. Dia tergelincir dan tak bisa melanjutkan balapan.

Dengan keluarnya Simoncelli, Edwards menyodok ke posisi ketiga. Dia disusul Hayden, Bautista, Rossi, dan Abraham.

Hingga balapan tersisa tujuh lap, Stoner masih di depan. Dia unggul lebih dari sembilan detik atas Dovizioso.

Tak ada perubahan posisi berarti hingga balapan selesai. Tampaknya mereka memilih berhati-hati dan menyelesaikan balapan daripada tergelincir.

Stoner akhirnya menyelesaikan balapan paling awal. Kejayaan Honda dilengkapi dengan keberhasilan Dovizioso finish kedua.

Edwards mencatat hasil luar biasa di Silverstone. Dia bisa naik podium meski baru pekan lalu mengalami patah tulang di Catalunya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar