Berita Basket: Carlisle, Fenomena Baru Kota Dallas

Posted by GokilSite on 13 Juni 2011

Berita Basket: Carlisle, Fenomena Baru Kota Dallas. Butuh waktu 31 tahun bagi Dallas Mavericks dan 10 tahun bagi Rick Carlisle untuk menunggu cincin NBA pertamanya. Ketika semua itu terealisasikan, maka hanya kebahagiaan yang ada.

Kemenangan 105-95 atas Miami Heat di Miami, Senin (13/6/2011) siang WIB, sudah cukup mengantarkan Mavs jadi juara NBA pertama kalinya. Secara keseluruhan Mavs menang 4-2.

Sebuah prestasi tersendiri bagi Mavs tentunya karena sejak dibentuk pada 1980 mereka baru sekali mencapai final pada 2006 dan Heat yang kala itu menyungkurkan mereka. Sebuah revans yang setimpal lima tahun setelahnya.

Tak hanya bagi Mavs, terkhusus bagi Dirk Nowitzki dan juga Jason Kidd, dua superstar NBA yang kerap gagal meraih juara.

"Waktu itu akan datang. Namun kini adalah waktunya kami," sahut Carlisle seperti dilansir Yahoosports.

Bagi Carlisle sendiri cincin pertamanya ini membuat jadi orang ke-11 dalam sejarah NBA yang mampu jadi juara sebagai pemain dan pelatih, Carlisle adalah pemain Boston Celtics seangkatan Larry Bird saat jadi juara tahun 1986.

Carlisle pun patut bangga namanya sejajar dengan figur macam Phil Jackson, Bill Russell, Pat Riley atau Bill Sharman.

"Ini adalah tim yang sebenarnya. Ini adalah tim lama. Kami tidak berlari cepat atau lompat dengan tinggi. Mereka bekerja sama. Kami bermain dengan cara yang benar. Kami mengoper bola. Ini adalah hal yang fenomenal bagi kota Dallas," tegasnya.

Karier Carlisle di NBA terhitung tak wah-wah amat, setelah merebut titel bersama Celtics, ia bermain di New York Knicks dan pensiun di tahun 1989 ketika berkostum New Jersey Nets.

Detroit Pistons adalah klub pertama yang dilatihnya pada tahun 2001 hingga 2003. Pada tahun 2002, pria 52 tahun itu terpilih sebagai Coach of The Year. Tapi friksi antaranya dan pemilik Pistons saat itu , membuatnya dipecat setahun kemudian.

Carlisle lantas lanjut jadi pelatih Indiana Pacers selama empat tahun hingga 2007. Pada 2008 ia dikontrak Mavs untuk menggantikan posisi Avery Johnson.

Selama dipegang Carlisle, Mavs cukup menjanjikan dengan rekor 50-32 di musim reguler pertamanya, lalu 55-27 di tahun 2010 dan musim ini ia mengantarkan Mavs meraih rekor 57-25.

Keberhasilan Mavs melaju ke final dan jadi juara memang bukan sebuah kejutan jika melihat penampilan mereka di semifinal Wilayah Barat, dengan menyapu bersih LA Lakers dengan skor 4-0.

Jadi selamat, Carlisle.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar