Hasil Lengkap GP F1 Kanada 12 Juni 2011 Sirkuit Gilles Villeneuve Montreal

Posted by GokilSite on 13 Juni 2011

Hasil Lengkap GP F1 Kanada 12 Juni 2011 Sirkuit Gilles Villeneuve Montreal. Jenson Button berhasil memenangkan GP F1 Kanada yang penuh drama tabrakan akibat hujan membanjiri sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Minggu (12/6) atau Senin subuh waktu Indonesia. Kemenangannya itu diraih pada lap terakhir, akibat dari kesalahan Sebastian Vettel.

Keberhasilan Button ini berkat perjuangan gigihnya yang dimulai dari posisi menengah. Bahkan ia sempat menjalani drive through penalty. Namun dengan sabar dan didukung performa mobil dan kesalahan Vettel, ia dapat memetik kemenangan pertamanya. Dengan hasil ini, posisinya berada diperingkat kedua sementara dengan 101 angka.

Pebalap Red Bull Vettel yang tingga setengal lap lagi memetik kemenangan keenamnya, pupus lantaran menikung terlalu melebar di tikungan ketiga. Kesalahan itu tidak disia-siakan oleh Button. Padahal, sejak start sampai lap 69, ia terus memimpin tanpa bisa dikejar lawan. Meski gagal, ia tetap memimpin klasemen dengan total 161 angka.

Sedang urutan ketiga direbut rekan setimnya Mark Webber. Pebalap Australia ini sempat bersaing ketat sama Schumacher bahkan dua kali memotong jalur di "chicane" sehingga ia bisa di depan Schumi. Tapi, di jalur lurusnya ia sempat memberinya kembali kepada Schumi. Tapi, jelang satu lap terakhir, ia dapat memastikan posisi ketiganya.

Hamilton korban agresivitasnya

Lomba menempuh 70 lap, diawali dengan para pebalap dipandu oleh safety car (SC) lantaran trek basah akibat hujan. Di sini mobil balap memakai ban basah dan tak ada yang berani gambling menggunakan jenis intermediate.

Saat mobil SC hendak masuk pit pada lap 5, Vettel mulai melambatkan kendaraan agar mobil-mobil yang dibelakangnya ikut mengurangi kecepatan. Begitu melintas di depan pit, dan Vettel melejit, Alonso coba menyalip dari sisi kiri dan kanan, tapi gagal. Sementara Rekan setim Vettel, Mark Webber diserundul Hamilton, sehingga melintir dan membuat posisi pebalap Australia itu melorot.

Begitu juga Button yang terlalu melebar masuk tikungan 6, memberi kesempatan kepada Schumacher melibasnya. Hamilton kembali menujukkan gaya mengemudi yang agresif dan ia hampir bersenggolan dengan Schumi saat hendak menyalip. Kecerobohan Hamilton harus dibayar mahal, di mana dirinya bersenggolan dengan rekan setimnya di lap 8 dan ban kiri belakang pecah akibat menghajar dinding pembatas.

Mobil SC pun masuk. Seandainya Hamilton tetap jalan, dewan juri sedang menginvestigasi dirinya yang menyeruduk Webber. Selain itu, ia sedang diselidiki melanggar kecepatan saat dipandu SC.

Kini, juri kembali menginvestigasi diri Hamilton dengan Button yang seperti sengaja menutup ruang gerak ke kiri. Bisa juga aksi Button itu benar karena ia akan masuk tikungan pertama. Akhirnya, Button diputuskan bersalah dan harus menjalani "drive through penalty" dan posisinya melorot ke-14.

Lepas lap 14, persaingan di depan pun mulai boring. Vettel meninggalkan Alonso 5 detik lebih yan diikuti Massa, Rosberg dan Schumi. Kecuali Button yang terus merangsek ke depan, begitu pula dengan Webber.

Ferrari keliru prediksi cuaca

Pada lap 18 Alonso dan Button sama-sama masuk pit. Keduanya ganti ban intermediate. Namun baru berjalan dua lap hujan kembali membahasi trek, dan keduanya kembali masuk pit tukar ban basah. Posisi Alonso mundur ke-8, tapi ada lima pebalap di depannya belum masuk pit ganti ban.

Bersamaan turun hujan, SC memandu pebalap pada lap 20 untuk ketiga kalinya. Kondisi ini dimanfaatkan Vettel untuk ganti ban, termasuk juga Webber yang sekalian ganti setir karena mengalami gangguan dengan gigi turunnya. Karena hujan tak kunjung henti, lomba dihentikan pada lap 25 dan bendera merah dikibarkan.

Berarti peluang Alonso untuk kembali ke posisi 2, masih terbuka. Pasalnya, beberapa pebalap di depannya sepewrti Kobayashi, Heidfeld, Petrova belum masuk pit mengganti ban.

Setelah tertahan 1 jam 14 menit, belum juga ada tanda-tanda lomba akan dimulai. Sementara hari sudah jelang petang. Mendekati penantian hampir 2 jam, mobil sudah diinstruksikan pakai ban basah (wet), berarti balap akan dimulai.

Tertunda 2 jam 04 menit

Tepat jam 15.50 (waktu setempat) atau tertunda 2 jam 04 menit, lomba dimulai dengan dipandu SC. Alonso (8) dan Webber (7) harus tampil maksimal jika ingin naik podium.

Balapan dimulai begitu SC masuk pit lap ke-35. Dan baru menempuh 2 lap, SC masuk lagi akibat terjadi insiden di tikungan tiga. Alonso yang coba menyodok Button dari sisi luar, saat masuk tikungan diserundul McLaren. Ferrari pun melintir, lalu nyangkut di kerb dan Alonso tidak dapat melanjutkan balapan. Sedang ban kiri depan Button pecah. Ia segera masuk pit ganti ban dan moncong mobil. Balapan dilepas kembali lap 41 dengan menyuguhkan adegan "ciuman" antara Heidfeld dan di Resta yang diinvestigasi juri, sedang Sutil kena penalti drive through penalty karena menylip SC.

Masuk lap 50, Vettel semakin jauh di depan. Sementara Massa yang coba menggeser Kobayashi dengan menikung bareng, justru Schumacher memanfaatkan ruang dari kiri dan menyodok kedua. Namun pada lap 53, Schumi ganti ban dan posisinya turun jadi keempat.

Apes menghampiri Massa pada lap ke53 ketika ia menyalip pebalap di trek lurus, mobil kehilangan kendali akibat pakai ban slick dan menghajar dinding pembatas. Beruntung ia bisa mengatasi mobil dan dapat melanjutkan, meski bagian depannya rusak dan segera masuk pit ganti ban dan bagian depan.

Selang empat kemudian, Heidfeld yang berusaha melibas Kobayashi di tikungan kedua, tapi moncong mobilnya menabrak bagian belakang pebalap Jepang itu. Sebelum masuk tikungan ketiga, sayap mobil Heidfeld lepas masuk kolong dan mobil pun seperti terbang dan menghajar dinding.

SC pun masuk dengan formasi Vettel diikuti Schumacher, Webber. Button yang saling menempel ketet. Persaingan merebut posisi kedua cucuk ketat di antara ketiga pembalap. Bila Schumi bisa mempertahankan posisi keduanya yang tinggal 8 lap, ini merupakan podium pertamanya.

Hasil lomba

1. Button McLaren-Mercedes 1h23:50.995
2. Vettel Red Bull-Renault + 2.709
3. Webber Red Bull-Renault + 13.828
4. Schumacher Mercedes + 14.219
5. Petrov Renault + 20.395
6. Massa Ferrari + 33.225
7. Kobayashi Sauber-Ferrari + 33.270
8. Alguersuari Toro Rosso-Ferrari + 35.964
9. Barrichello Williams-Cosworth + 45.100
10. Buemi Toro Rosso-Ferrari + 47.000
11. Rosberg Mercedes + 50.400
12. de la Rosa Sauber-Ferrari + 1:03.600
13. Liuzzi HRT-Cosworth + 1 lap
14. Karthikeyan HRT-Cosworth + 1 lap
15. D'Ambrosio Virgin-Cosworth + 1 lap
16. Glock Virgin-Cosworth + 1 lap
17. Trulli Lotus-Renault + 1 lap
18. Di Resta Force India-Mercedes + 3 laps


Pebalap tidak finish
Maldonado Williams-Cosworth 62
Heidfeld Renault 57
Sutil Force India-Mercedes 50
Alonso Ferrari 44
Kovalainen Lotus-Renault 36
Hamilton McLaren-Mercedes 8


Peringkat sementara

Pebalap Konstruktor
1. Vettel 161 1. Red Bull-Renault 255
2. Button 101 2. McLaren-Mercedes 186
3. Webber 94 3. Ferrari 101
4. Hamilton 85 4. Renault 60
5. Alonso 69 5. Mercedes 52
6. Massa 32 6. Sauber-Ferrari 27
7. Petrov 31 7. Toro Rosso-Ferrari 12
8. Heidfeld 29 8. Force India-Mercedes 10
9. Schumacher 26 9. Williams-Cosworth 4
10. Rosberg 26
11. Kobayashi 25
12. Sutil 8
13. Buemi 8
14. Barrichello 4
15. Alguersuari 4
16. Di Resta 2
17. Perez 2

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar