Final NBA 13 Juni 2011 Serba Pertama untuk Mavs

Posted by GokilSite on 13 Juni 2011

Final NBA 13 Juni 2011 Serba Pertama untuk Mavs. Dallas Mavericks untuk kali pertama dalam sejarahnya tampil sebagai juara NBA. Selain itu, titel ini juga jadi yang pertama buat tiga sosok penting di tim tersebut.

Mavericks menjadi juara NBA setelah menundukkan Miami Heat 105-95 di final keenam di Miami, Senin (13/6/2011) pagi WIB. Secara keseluruhan, Mavs mengungguli Heat dengan skor 4-2.

Ini adalah titel pertama buat Mavs sejak tim itu dibentuk tahun 1980. Sebelum ini, langkah terjauh Mavs adalah mencapai final pada tahun 2006 di mana saat itu mereka dipecundangi Heat 2-4.

Gelar pertama juga jadi milik pelatihnya, Rick Carlisle. Membesut Mavs sejak tahun 2008, prestasi tertinggi pelatih 51 tahun itu adalah semifinal Wilayah Barat tahun 2009 di mana Mavs kalah 1-4 dari Denver Nuggets.

Bila dihitung dengan karir saat masih menjadi pemain, ini adalah cincin juara NBA kedua Carlisle. Tahun 1986, Carlisle adalah bagian dari tim Boston Celtics yang jadi juara setelah menundukkan Houston Rockets.

Bicara gelar pertama, ini juga titel perdana buat forward andalan Mavs, Dirk Nowitzki. Tampil di NBA sejak 1998, pemain asal Jerman itu pernah jadi MVP tahun 2007 dan 10 kali masuk All-Star, tapi soal titel ini adalah yang pertama buat Nowitzki.

Yang terakhir, titel ini adalah titel yang bersejarah buat Jason Kidd. Dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di generasinya, Kidd yang berposisi sebagai point guard ini belum pernah meraih cincin NBA sebelumnya.

Kidd masuk NBA tahun 1994 bersama Mavericks dan di akhir musim ia dinobatkan sebagai Rookie of the Year, walau harus berbagi tempat dengan Grant Hill (Detroit Pistons).

Pemain yang kini berusia 38 tahun itu pernah 10 kali terpilih dalam All-Star, dua kali masuk Dream Team (timnas basket AS) dan dua kali juara Olimpiade, tetapi sebelum tahun ini gelar juara NBA miliknya masih nihil.

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar